8 Cara Ampuh Lawan Sariawan Secara Alami

 


Sariawan atau lebih dikenal dengan istilah medis Stomatitis Aftosa adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan terjadinya kelainan pada selaput mulut. Penyakit ini ditandai dengan adanya luka di dalam mulut yang berwarba putih kekuning-kuningan. Sariawan bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak dan juga orang dewasa.
Meskipun sariawan tidak berbahaya dan menyebabkan kematian, namun jika tidak segera diatasi tentunya dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari terutama pada saat akan menelan. Seseorang yang mengalami sariawan akan merasa perih dan terjadi peradangan. Untuk mengobati sariawan sebenarnya sangat mudah dan sederhana tanpa penanganan dokter, meskipun tidak di obati sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya.
Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Cepat
Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan sariawan, diantaranya yaitu :


1. Obati Dengan Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda


Air kelapa muda merupakan minuman yang dapat bersifat sebagai elektrolit yang dapat memberikan sensasi dingin pada tubuh, mengobati panas dalam dan juga sangat efektif untuk mengobati sariawan di mulut atau lidah dengan cepat. Selain itu, dengan minum air kelapa muda secara rutin setiap hari dapat membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mendapatkan manfaat air kelapa muda untuk tubuh, anda bisa rutin minum setidaknya 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.


2. Obati Dengan Jambu Biji dan Daunnya
Jambu Biji


Bahan alami berikutnya yang bisa anda jadikan sebagai obat sariawan alami yaitu dengan mengkonsumsi buah jambu biji beserta daunnya. Pada jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan sangat baik untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping.Cara mengobati sariawan dengan jambu biji, yaitu :
Pertama-tama cuci bersih jambu biji, kemudian anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menambahkan madu secukupnya pada jus jambu biji tersebut. Minum secara rutin 1 gelas 2 kali sehari. Selain memanfaatkan jambu biji, anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji muda yang masih segar, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir. Setelah itu, kunyah daun jambu biji tersebut dan hisap airnya.


3. Obati Dengan Buah Jeruk


Buah Jeruk
Untuk mengobati sariawan, anda juga bisa mengkonsumsi buah jeruk manis setiap hari sampai sembuh atau bisa juga mengolahnya untuk dijadikan jus untuk diminum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Buah jeruk dapat menjadi obat sariawan paling ampuh, karena buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi.


4. Obati Dengan Yoghurt


Yoghurt
Yoghurt merupakan produk olahan susu yang telah difermentasikan. Yoghurt telah diperkaya dengan kandungan bakteri sehat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan bakteri baik tersebut juga sangat efektif untuk mengobati sariawan dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil optimal, anda bisa mengkonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari minimal 2 gelas sehari. Yoghurt tidak hanya ampuh untuk mengobati sariawan pada orang dewasa saja, tetapi juga baik untuk anak-anak.

5. Obati Dengan Bawang Putih


Bawang Putih
Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu bumbu dapur yang satu ini. Dibalik aromanya yang khas, ternyata bawang putih mengandung senyawa bernama abrasif yang sangat ampuh untuk mengatasi sariawan. Kandungan senyawa tersebut mampu membasmi kuman dan bakteri pada ulkus yang menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami sariawan.
Cara mengobati sariawan dengan bawang putih sangat mudah, anda cukup menghaluskan 1-2 siung bawang putih, kemudian tempelkan bawang putih yang telah dihaluskan tadi pada bagian mulut yang terdapat luka sariawan. Diamkan selama minimal 10 menit, lalu bersihkan dengan kumur-kumur menggunakan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai sariawan sembuh.


6. Obati Dengan Minyak Kelapa dan Madu


Minyak Kelapa dan Madu
Selain denga air kelapa muda, anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa dan madu untuk mengobati sariawan. Kedua bahan alami ini sangat efektif untuk mengatasi sariawan karena mengandung antibakterial yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan.
Cara pengobatannya sangat mudah, campurkan minyak kelapa dan madu secukupnya saja. sebelum dioleskan, bersihkan mulut dan gigi terlebih dahulu dengan menggosok gigi dan berkumur dengan air hangat. Setelah itu, oleskan campuran bahan alami tersebut pada bagian mulut yang terdapat sariawan, diamkan selama 15 menit dan bersihka dengan berkumut menggunakan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur.


7. Obati Dengan Kunyit


Kunyit
Kunyit merupakan termasuk salah satu rempah-rempah alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya dapat mengobati sariawan dengan cepat. Hal ini dikarenakan, kunyit mengandung senyawa antibakterial dan juga anti-inflamasi yang sangat ampuh untuk membasmi kuma dan bakteri jahat yang berkembang di dalam mulut.
Cara mengobati sariawan dengan kunyit, yaitu :
Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu mulut dan gigi dengan berkumur menggunakan air hangat, lalu haluskan kunyit dengan cara di parut. Setelah itu, tempelkan pada bagian mulut yang mengalami sariawan, diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan kembali berkumur dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur sampai sariawan sembuh.


8. Banyak Minum Air Putih


Air Putih
Salah satu penyebab sariawan yaitu dapat disebabkan oleh karena tubuh mengalami dehidrasi dan panas dalam, untuk mengatasinya anda bisa perbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari. Dengan rutin minum air putih dapat mengambalikan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas dan mengobati panas dalam.
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara mengobati sariawan secara alami? Seperti itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengobati sariawan paling ampuh secara alami, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Ampuh Lawan Sariawan Secara Alami"

Posting Komentar