Teks Eksplanasi KEMISKINAN SINGKAT DAN JELAS beserta Strukturnya

KEMISKINAN



Pernyataan Umum :
Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah masyarakat tidak mampu mencukupi kebutuhan pokok seperti makan, minum, tempat tinggal dan pendidikan. Biasanya masyarakat miskin cenderung tinggal di gubuk, bantaran kali bahkan di kolong jembatan. Terkadang mereka juga membangun sendiri rumahnya di atas tanah milik negara. Kemiskinan tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di seluruh dunia terjadi fenomena ini. Banyak negara berkembang memiliki masalah yang sama yaitu tentang kemiskinan.

Urutan Sebab Akibat
Banyak faktor terjadinya kemiskinan. Faktor keterbatasan alat kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari - hari. Selain itu, seperti bangkrut, musibah, perilaku pribadi, perbudakan dan struktur sosial. Faktor perilaku dan struktur sosial yang lebih banyak mendominasi masalah kemiskinan. Perilaku konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan, dan penggunaan uang yang tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima. Faktor struktur sosial lebih mengarah kepada turun temurun itu sendiri. Orang tua yang miskin kemungkinan untuk tidak bisa membiayai pendidikan  anak-anak mereka sehingga anak-anak mereka pun tidak dapat mengenyam pendidikan dan dengan demikian generasi kebodohan dan kemiskinan akan mudah saja turun temurun. Faktor gengsi adalah faktor yang juga termasuk dalam faktor perilaku pribadi. Masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginan daripada kebutuhan. 

Urutan Sebab Akibat :
Namun, banyak juga yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk  menanggulangi masalah kemiskinan. Mulai dari pemerintah menaikan upah minimum kerja, menyediakan lapangan pekerjaan, memberikan pendidikan gratis, menyediakan tempat tinggal dengan harga terjangkau,  dan secara pribadi masyarakat diminta dapat berperilaku sewajarnya. Tidak menghambur-hamburkan uang, menghilangkan sedikit gengsinya, menabung dan bantuan dari masyarakat sekitar. Kerja sama pemerintah dan masyarakat sangat penting terjalin. Supaya mensukseskan langkah-langkah dalam menanggulangi kemiskinan.

Seharusnya, kemiskinan tidak perlu terjadi di Indonesia. Jika,kita secara pribadi mau menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki tanpa membandingkan dan ada perasaan isi di dalamnya. Selain itu, adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sekitar tentang penanggulangan kemiskinan, diharapkan negara Indonesia terbebas dari fenomena kemiskinan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teks Eksplanasi KEMISKINAN SINGKAT DAN JELAS beserta Strukturnya "

Posting Komentar