Teks Eksplanasi MEROKOK Singkat dan Jelas beserta Strukturnya


Merokok


Pernyataan Umum :
   Merokok merupakan kebiasaan buruk karena rokok adalah benda beracun yang sangat berbahaya bagi orang yang merokok (perokok aktif) maupun perokok yang bukan perokok (perokok pasif). 


Urutan Sebab Akibat :
Beberapa zat di dalam rokok yang sangat berbahaya, yaitu Nikotin, Tar, dan Karbon monoksida (CO). Asap dari rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan mengandung 50 kali bahan pengiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok, semakin tinggi kadar racun yang melayang di udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalan raya yang macet.




Urutan Sebab Akibat
  Dalam jangka waktu yang lama rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bagi penggunanya, seperti  penyakit TBC, hipertensi, jantung, osteoporosis, kerusakan rambut, mata, dan  gigi, penuaan dini pada kulit, serta kanker paru-paru dan tenggorokan. Merokok membuat nafsu makan berkurang sehingga merokok dapat menyebabkan kekurangan gizi, pertumbuhan terhambat, dan kecerdasan sulit untuk berkembang. Seseorang yang mencoba merokok biasanya ketagihan, karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
  Rokok sama halnya narkoba yang terselubung. Oleh karena itu, sekarang tergantung kepada diri sendiri. Apakah akan memilih ikut terjerumus ke dalamnya atau mampu keluar dari lingkaran maut rokok? Fakta-fakta yang telah dipaparkan, seharusnya dapat dijadikan sebagai alasan yang kuat untuk segera berhenti merokok bagi yang telah terperangkap di dalamnya dan menghindari terkena pengaruh negatif rokok bagi yang belum terjerumus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teks Eksplanasi MEROKOK Singkat dan Jelas beserta Strukturnya"

Posting Komentar