8 Julukan Kota Kudus


Kudus adalah salah satu kota yang ada di Indonesia. Walau kota kecil, kota Kudus memiliki banyak julukan yang identik. Berikut adalah julukan julukan kota Kudus :

1.Kota Semarak

Kudus memiliki semboyan "Semarak", kependekan dari "Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, dan Konstitusional", sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota

2.Kota Santri

Karena banyak yang menjadi santri di Kabupaten Kudus. Kabupaten ini juga menjadi pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan dengan landmark Masjid Menara. Hal itu dapat dilihat dari terdapatnya lima makam yaitu Kyai Telingsing, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, Syeh Syadzili.

3.Kota Kretek

Karena Kudus terdapat banyak pabrik rokok di antaranya: Djarum, Sukun, Jambu Bol, dll.

4.Kota Jambu Bol

Kota ini sangat terkenal dengan hasil pertanian jambunya terutama Jambu bol, bahkan jambu bol menjadi flora identitas resmi Kabupaten Kudus.

5.Jerusalem van Java

Masjid Menara Kudus terdapat batu dari daerah Yerusalem (Palestina) yang batu tersebut dibawa oleh Sunan Kudus, oleh karena itu masjid yang dibangun Sunan Kudus diberi nama Masjid Al-Aqsa seperti Masjid yang berada di Yerusalem.

6.Tajug

Nama Tajug sebenarnya merupakan nama Kota Kudus pada jaman dulu, sebelum Sunan Kudus bermukim di kota ini. Dinamakan sebagai ( kota ) Tajug sebab di wilayah ini dulunya memang terdapat Tajug.

Dan Tajug sendiri adalah sebuah bentuk atap dari arsitektur tradisional yang sangat kuno dan dipakai untuk tujuan keramat, yaitu tempat bersembahyang bagi umat Hindu, yang merupakan warga mayoritas di wilayah ini, dulu. Nama Tajug juga menunjukkan bahwa kota ini di anggap suci bagi warga yang beragama Hindu.


7. Al Quds

Ketika tiba di Tajug, Sunan Kudus kemudian juga membuat struktur atas Menara Kudus yang berbentuk Tajug untuk mendekati warga kota ini. Dan setelah kedatangan Sunan Kudus, tajug kemudian dinamakan dengan bahasa Arab, yaitu "Al-Quds" yang artinya "Kudus". Namun lidah masyarakat local kemudian menyebutnya sebagai Kota Kudus saja. Sampai saat ini.

8. Kota Jenang

Kota kudus terkenal dengan Jenangnya. Di toko toko oleh oleh pasti ada yang jual jenang kudus. Nah itu lo yang membuat kudus terkenal. Jenangnya sampai ke luar kota.

Itu dia 8 Julukan Kota Kudus. Menurut kalian yang paling pas kota apa ya? Penulis mohon maaf kalau ada kesalahan. Jika ada kekurangan mohon komentar ya. Salam manis dari penulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Julukan Kota Kudus"

Posting Komentar